DEVOSI KEPADA ROH KUDUS

Kembali

Allah Bapa yang maha kudus, kami bersyukur kepada-Mu karena Roh Kudus yang telah Kau curahkan ke dalam hati kami. Kehadiran-Nya dalam hati kami telah membuat kami menjadi bait kehadiran-Mu sendiri, dan bersama Dia pula kami telah Kau lahirkan kembali menjadi anak-anak-Mu.

Dialah penghibur dan penolong yang Kau utus dalam nama Kristus. Dialah Roh Kebenaran yang memimpin kami kepada seluruh kebenaran. Semoga Dia mengajarkan segala sesuatu kepada kami dan mengingatkan kami akan sabda yang telah dikatakan oleh Yesus, agar kami selalu di tuntun oleh sabda-Nya.

Melalui Roh Kudus-Mu ini, sudilah Engkau membimbing Gereja-Mu, para pemimpin dan pembantu-pembantunya, dan berilah mereka kebijaksanaan sejati. Semoga karena bimbingan-Nya kami semua boleh menikmati buah Roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan, dan penguasaan diri.

Melalui Roh Kudus-Mu pula, sudilah Engkau membimbing umat-Mu untuk peka dan setia kepada kehendak-Mu, untuk tetap tabah dalam penderitaan, berani menjadi saksi Putra-Mu, berani menjadi pelayan sesama dan menjadi terang serta garam dunia.

Semoga Roh Kudus selalu memimpin kami dengan lemah lembut dan ramah, serta menuntun kami dengan cermat dan teguh. Semoga Ia menjadi daya Ilahi di dalam kehidupan beriman dan bermasyarakat, dan mengantar kami masuk ke dalam kemuliaan surgawi untuk berbahagia abadi bersama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.


Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus

Datanglah, ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak, terutama agar kami dapat menghargai, mencintai, dan mengutamakan cita-cita surgawi. Semoga kami Kau lepaskan dari belenggu dosa dunia ini.

Datanglah, ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putra, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.

Datanglah, ya Roh Nasihat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini. Semoga kami melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

Datanglah, ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hamba-Mu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kau kuatkan dengan memegang tangan-Mu yang senantiasa menuntun kami.

Datanglah, ya Roh Pengenalan akan Allah. Ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemulian-Mu.

Datanglah, ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami untuk terus berbakti kepada-Mu. Ajarlah kami untuk menjadi orang yang tahu berterima kasih atas segala kebaikan-Mu dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.

Datanglah, ya Roh Takut akan Allah, ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepada-Mu dimana pun kami berada. Tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Mu. Amin.


Doa Mohon Persatuan Dengan Roh Kudus
(Santo Pius X)

Ya Roh Kudus, Cahaya dan Kasih, kepada-Mu kupersembahkan hati, pikiran dan kehendakku, sekarang dan selamanya. Engkaulah yang menuntun aku agar dapat lebih peka pada wahyu dari Tuhan, dan pengajaran Gereja Katolik yang kudus. Semoga hatiku senantiasa berkobar oleh kasih dari Allah dan kasih terhadap sesama. Semoga aku senantiasa dengan setia meneladani kehidupan dan kebijaksanaan Allah, dan Penyelamatku Yesus Kristus. Kemuliaan kepada Bapa, Putra dan Roh Kudus, untuk selama-lamanya. Amin


Doa Mohon Roh Kudus Tetap Tinggal Dalam Hatiku.
Santo Agustinus dari Hippo

Ya Roh Kudus, Penasihat yang penuh kuasa, pengikat yang kudus antara Bapa dan Putra, harapan bagi mereka yang bersedih. Turunlah dalam hatiku dan tinggallah didalamnya, nyalakan jiwaku yang nyaris padam dengan Kasih-Mu, agar aku dapat sepenuhnya menjadi milik-Mu. Aku percaya, bila Engkau tinggal di dalam aku, Engkau juga akan menyiapkan tempat tinggal bagi Bapa dan Putra. Oleh karenanya, berkenanlah datang kepadaku, Penasehat jiwa-jiwa yang ditinggalkan, Pelindung mereka yang membutuhkan. Bantulah aku dalam kelemahan dan dukunglah dalam kegoyahanku. Datang dan sucikan diriku, semoga iblis tidak berniat memiliki diriku. Engkau mengasihi yang bersahaja, dan menyingkirkan yang sombong. Datanglah kepadaku, kemuliaan orang yang hidup dan harapan orang mati. Tuntunlah diriku dengan karunia kasih-Mu, agar aku dapat senantiasa menyenangkan hati-Mu. Amin.


Litani Roh Kudus

Tuhan kasihanilah kami,
   Tuhan kasihanilah kami

Kristus kasihanilah kami,
   Kristus kasihanilah kami

Tuhan kasihanilah kami; Kristus dengarkanlah kami,
   Kristus kabulkanlah doa kami

Allah Mahakuasa,
   kasihanilah kami

Yesus, Putera Bapa, Penebus dunia,
  selamatkanlah kami

Roh Bapa dan Putra yang hidup abadi,
   kuduskanlah kami

Tritunggal Mahakudus,
   dengarkanlah kami

Roh Kudus, yang berasal dari Bapa dan Putra,
   masukilah hati kami

Roh Kudus, yang bersama Bapa dan Putra,
   masukilah hati kami

Janji Allah Bapa,  kasihanilah kami
Sinar terang surgawi,
Pencipta segala yang baik,
Sumber mata air surgawi,
Api yang menghanguskan,
Kemurahan hati yang berkobar-kobar,
Pengurapan rohani,
Roh Kasih dan Kebenaran,
Roh Kebijaksanaan dan Pengertian,
Roh Penasehat dan Ketabahan,
Roh Kesederhanaan dan Kemurnian,
Roh Penghormatan dan Doa,
Roh Perdamaian dan Kerendahan Hati,
Roh Takut akan Tuhan,
Roh Penghibur,
Roh yang menguduskan,
Roh yang memimpin Gereja,
Roh yang Mahatinggi,
Roh yang memenuhi jagad raya,
Roh yang menyemangati anak-anak Allah,

Roh Kudus, ilhami kami kengerian akan dosa
Roh Kudus, datang dan baharuilah muka bumi
Roh Kudus, pancarkanlah terang-Mu pada jiwa-jiwa
Roh Kudus, ukirlah hukum-Mu dalam hati kami
Roh Kudus, hanguskanlah kami dengan api kasih-Mu
Roh Kudus, berilah kami karunia-karunia-Mu yang ajaib
Roh Kudus, ajarlah kami berdoa dengan benar
Roh Kudus, terangilah kami dengan sinar surgawi-Mu
Roh Kudus, bimbinglah kami ke jalan keselamatan-Mu
Roh Kudus, berilah kami pengetahuan yang diperlukan saja
Roh Kudus, ilhamilah kami dengan kebisaan-kebiasaan yang baik
Roh Kudus, berilah kami kebaikan dari segala kebajikan
Roh Kudus, ajarilah kami bertekun dalam keadilan
Roh Kudus, jadilah terang abadi bagi kami

Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia,
   utuslah Roh Kudus-Mu

Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia,
   curahkanlah karunia-karunia Roh-Mu kedalam hati kami

Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia,
  anugrahilah kami Roh Kebijakan dan Kesalehan

Datanglah Roh Kudus,
   penuhi dan nyalakanlah api kasih-Mu dalam hati kami

Marilah berdoa
Allah yang Mahapengasih, semoga Roh Ilahi-Mu menerangi, mengobarkan dan memurnikan kami, dan agar Ia merasuki kami dengan terang surgawi-Mu dan membuat kami selalu tekun dalam berbagi kasih. Demi Yesus Kristus Tuhan kami bersama Roh Kudus, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang segala masa. Amin


Printable view

HOME | EVENTS | FAITH | PRAYERS | CONTACT | LINKS