Konsili Vatikan I

Kembali

Konsili Vatikan I dipimpin oleh Paus Pius IX dan bersidang di Vatikan, Roma pada tahun 1869 sampai dengan 1870. Konsili ini merupakan konsili oikumenis ke-20 dalam Gereja Katolik Roma, dan dibuka secara resmi pada tanggal 8 Desember 1869. Konsili ini dihadiri hampir 700 Uskup, dan menghasilkan berbagai pokok-pokok bahasan mengenai iman, disiplin gerejawi, serikan keagamaan, Hukum Kanonik, Gereja-gereja Timur, misi dan hubungan Gereja dengan pemerintahan sekuler.

Sebelum konsili dimulai sudah terjadi dua kelompok yang berbeda pendapat, khususnya mengenai otoritas Paus. Golongan Ultramontanus menginginkan otoritas mutlak bagi Paus, sedangkan Golongan Liberal kurang menyetujui pendapat itu. Walaupun demikian pada akhirnya Infalibilitas Paus ditetapkan sebagai dogma. Tidak semua Uskup setuju pada saat itu. Bulan September 1870 pecah perang antara Perancis dan Prussia yang mengakibatkan konsili ini tidak dapat diteruskan. Maka konsili ditutup dengan resmi pada tanggal 20 Oktober 1870, dan banyak pokok-pokok bahasan yang tidak dapat diselesaikan pada saat itu.

Infalibilitas Paus
Pada dasarnya, dogma Infalibilitas Paus menyatakan bahwa apabila Paus berbicara tentang iman dan moral dalam kapasitasnya sebagai kepala Gereja Katolik Roma, maka ia tidak dapat salah karena perlindungan ilahi. Ini dianugerahkan oleh Yesus Kristus kepada seluruh Gereja dengan perantaraan Roh Kudus, sesuai dengan yang dinyatakanNya sendiri didalam Injil Yohanes: Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu kedalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu.” (Yoh 16: 12-14)

Infalibilitas Paus dinyatakan pertama kali pada Konsili Vatikan I (1869-1870).


Sumber : katolik site
HOME | EVENTS | FAITH | PRAYERS | CONTACT | LINKS